Teman Baru Anak-Anak: Robot Membaca!

Tak perlu dikatakan, lompatan teknologi telah menjadi memesona dan tak terbatas; sementara beberapa teknologi baru tampaknya menjadi bencana, yang lain berfungsi sebagai solusi. Namun, salah satu dampak paling negatif dari teknologi baru dan penyebaran saluran media sosial adalah gangguan; menjadi sangat menantang bagi anak-anak untuk hanya duduk sendirian dengan sebuah buku dan asyik membaca. Jadi, apa yang bisa memotivasi anak-anak untuk membaca lagi? Mungkin, robot pendamping!

Sebuah studi baru di University of Wisconsin-Madison menyoroti manfaat robot mengajar anak-anak membaca. Ini menunjukkan bahwa, saat mereka memperkenalkan Minnie—robot pendamping belajar—kepada siswa sekolah menengah sebagai pendamping membaca, mereka menjadi lebih antusias membaca selama periode dua minggu dan mereka menjadi lebih terikat pada robot dan juga membaca.

Pembelajaran Sosial

Dengan pendamping, anak-anak menggali lebih dalam dan menjadi lebih antusias dalam belajar. Sebuah penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa siswa menganggap membaca sebagai kegiatan yang menyendiri, yang membuat mereka kehilangan minat di dalamnya, dan bahwa mereka lebih baik dalam tugas dan kegiatan yang mereka lakukan secara berpasangan. Para peneliti percaya bahwa pembelajaran sosial memperkuat minat dan motivasi, dan meningkatkan pemahaman siswa dengan mendistribusikan beban kerja kognitif dan memperkuat pemahaman melalui dialog, sehingga meningkatkan minat mereka dalam belajar.

Dengan demikian, peneliti Joseph Michaelis dan Bilge Mutlu percaya robot pendamping seperti Minnie dapat segera berfungsi sebagai pendamping pembelajaran sosial untuk anak-anak. “Setelah satu interaksi, anak-anak umumnya memberi tahu kami bahwa, tentu saja, menyenangkan memiliki seseorang untuk membaca” kata Joseph Michaelis, “Tetapi pada akhir dua minggu, mereka berbicara tentang bagaimana robot itu lucu, konyol, dan ketakutan, dan bagaimana mereka pulang ke rumah berharap untuk melihatnya lagi”.

Minnie di Sini untuk Mendengarkan

Untuk penelitian ini, para siswa menghabiskan dua minggu membacakan untuk Minnie dari 25 pilihan buku yang berbeda. Minnie diprogram untuk menjadi pendengar yang tertarik, menanggapi bacaan mereka dan alur cerita dengan ratusan komentar yang telah direkam sebelumnya, dan melacak kemajuan siswa. Minnie juga dapat merekomendasikan buku kepada anak-anak berdasarkan algoritme. Selama penelitian, motivasi membaca anak-anak meningkat secara signifikan; sebagian besar melaporkan bahwa mereka memahami dan mengingat lebih banyak tentang bacaan tersebut.

Tujuan peneliti dari robot sobat ini adalah untuk mencoba membuat proses membaca sebenar-benar percakapan mungkin. Mereka menemukan hasil penelitian ini sangat menjanjikan, karena mereka menunjukkan bahwa Minnie mendorong anak-anak untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengucapkan kata-kata asing, dan meningkatkan motivasi mereka untuk membaca dengan teman baru mereka, daripada menyerah atau membaca sendiri.

Kursus Robotik: sariteknologi

Comments